9 Peralatan Mendaki Gunung yang Wajib dibawa Saat Mendaki
9 Peralatan Mendaki Gunung yang Wajib dibawa Saat Mendaki

Peralatan Mendaki Gunung – Pernahkah kalian mendengar ? Ada orang yang meninggal ? Tubuhnya mengalami hipotermia di gunung ? Tentu saja kalian sering mendengarkannya ya.

Kejadian – kejadian seperti ini sering terjadi. Menimpa para pendaki yang peralatannya serba minim, tapi memaksakan diri untuk mendaki. Efeknya ya begitu, besar kemungkinan dirinya mengalami celaka.

Memang seberapa sih pentingnya peralatan mendaki ? Ternyata peralatan mendaki ini sangat penting sekali. Peralatan mendaki diibaratkan seperti tameng, yang digunakan untuk berperang. Tanpa tameng atau peralatan mendaki itu. Para pendekar yang sok – sokan buat mendaki gunung dengan peralatan minim bisa saja mati sia – sia.

 


Baca Juga : Inspiratif ! Inilah 7 Film Tentang Pendakian Gunung


 

Sebab itulah. Peralatan pendakian menjadi sedemikian penting. Untuk dibawa para pendaki agar dirinya tetap aman. Baik aman dari gangguan alam maupun gangguan binatang buas yang bisa saja kapan memangsa para pendaki. Ada banyak kok para pendaki yang bernasib tragis, atau meninggal sia – sia lantaran tak memiliki bekal yang memadai untuk melakukan pendaki.

Lalu apa saja sih ? Peralatan mendaki yang harus ada. Peralatan yang harus di bawa para pendaki gunung agar bisa selamat. Berikut kami paparkan beberapa peralatan mendaki gunung.

1. Tenda Velbed

Para pendaki tentu saja membutuhkan tenda. Fungsi tenda digunakan untuk tempat berteduh. Tempat berteduh dari panas dan hujan. Ukuran kualitas sebuah tenda velbed, sebagai bagian dari pertahanan dan tempat istirahat dinilai dari ketebalan dan kekuatan tendanya.

peralatan mendaki gunung

Semakin tebal tenda, maka semakin aman tenda tersebut. Binatang buas, misalnya harimau, biasannya tidak mampu untuk merusak tenda dengan bentang kain yang tebal. Sementara tenda yang kuat menjadi persayaratan mutlak. Siapa tahu saat sedang melakukan proses pendakian, cuaca tiba – tiba mendung. Kemudian mendung itu disertai badai. Tenda berteduh yang kuat biasannya sangat mampu dalam meredam berbagai cuaca buruk.

Sekarang sudah banyak bertebaran aneka jenis tenda. Jenis tenda berbahan polimer, kain kasa, kain polypropene, dan tenda dengan bahan – bahan lainnya. Beberapa tenda tertentu hanya cocok pada musim tertentu. Tapi ada juga tenda yang cocok dalam segala situasi. Baik pada situasi hujan, maupun situasi tidak hujan di tengah kemarau berkepanjangan.

 

2. Tas Ransel

Peralatan yang bisa digunakan untuk bergaya, menjadikan kegiatan pendakian gunung menjadi semakin keren tentu saja tas ransel. Dengan tas, kegantengan dan kecakepan kita sering ditentukan dari jenis tas ranselnya.

fungsi dan kegunaan peralatan gunung

Tapi dalam dunia pendakian. Tas ransel tidak sekedar sebagai objek gaya – gayaan saja. Tas ransel adalah sebuah jantung, ibarat manusia tanpa jantung akan mati. Orang yang mendaki tanpa adanya tas ransel juga bisa saja mati.

La apa gunanya tas ransel ? Hingga sedemikian fitalnya ? Fungsi tas ransel ini untuk mengangkut beberapa peralatan mendaki. Baik peralatan yang bersifat konsumsi maupun utilitas. Tas ransel digunakan sebagai wadah makan, pakaian ganti, dan beberapa peralatan lain yang vital. Jadi pastikanlah kalian selalu bawa tas ransel, kalau mau mendaki gunung.

Tidak usah terlalu peduli dengan model tas ranselnya trendi atau tidak, Paling penting, tas ransel yang kalian akan bawa mendaki kedap air dan kuat. Lha kenapa harus kedap air ? Sebab kalian tahu sendiri ? Di pegunungan sering terjadi cuaca yang berubah – ubah kan.

Rekomendasi terbaik.Gunakanlah tas ransel yang berbahan polimer. Tas ransel yang berbahan seperti itu biasanya lebih kedap terhadap air.

 

3. Senter Anti Air

Tidak hanya tas ransel saja yang harus anti air. Tapi senter juga harus anti air. Sebab di lereng gunung, kerap kali terjadi hujan lebab.

Sementara fungsi senter untuk memberikan penerangan ketika malam hari. Tahu sendiri kan, di lereng gunung itu tidak ada sama sekali sumber penerangan. Kalaupun ada sumber penerangan, paling – paling dari rembulan. Itupun kalau ada, dan ketika kalian mendaki gunungnya pada awal bulan.

Sebab itulah, senter sangat diperlukan sekali. Kalau kalian mau mendaki, jangan lupa supaya senter selalu di bawa.

 

4.Body Bag

Belum sejati betul, kalian menjadi pendaki. Kalau perkara buang sampah saja sembarangan. Ya, saya tahu sih, di lereng gunung itu tidak tersedia tempat pembuangan sampah yang memadai, makanya itu kalian kadang suka khilaf, buang sampah sembarangan.

Makanya itu, membawa body bag menjadi sesuatu hal yang wajib, Kalian harus membawa peralatan pendakian body bag ketika nanti mendaki. Fungsi Body Bag ini digunakan untuk menampung semua sampah – sampahmu, agar tidak berceceran kemana – mana.

 

5. Jaket Pendakian

Ininih peralatan yang juga tak kalah vitalnya, yaitu jaket. Jaket pendakian sebegitu vitalnya, sebab dengan jaket ini tubuh kita bisa tetap dalam keadaan hangat. Suhu gunung yang sedemikian rendahnya, apalagi ketika malam hari sungguh sangat berbahaya.

manfaat mendaki gunung

 

Kasus kematian para pendaki gunung lebih sering disebabkan karena kedininginan. Sebab kedinginan itulah, para pendaki terkena hipotermia. Tapi ketika kalian menggunakan jaket pendakian, sedingin apapun suhu gunung, dengan menggunakan jaket itu. Tubuh kalian akan tetap hangat.

 

6. Makanan dan Minuman Secukupnya

Bawalah makan dan minuman secukupnya. Makanan itu bisa dalam bentuk instan atau olahan. Tapi hindarilah makanan yang mudah basi.

cara bertahan hidup di gunung

Sebab makanan yang mudah basi, akan cepat berubah teksturnya jika dibawa ke daerah pegunungan. Untuk minuman, sebaiknya bawalah minuman yang berisotonik tinggi. Sebab minuman yang berisotonik tinggi akan mempercepat, pengembalian tenaga yang hilang dengan cepat. Sebisa mungkin hindarilah minuman beralkohol.

Kendati minuman beralkohol yang kamu konsumsi dalam keadaan sedikit. Tingkat memabukan di area gunung lebih besar kemungkinannya jika dibandingkan tak dikonsumsi di tempat biasa. Jadi hindari meminum minuman yang mengandung alkohol ya.

 

7. Pisau Belati

Jalan mendaki gunung tidak selalu mulus. Tapi terkadang, kalian bisa saja menemukan jalanan yang dipenuhi semak belukar amat rapat, hingga kalian tak bisa lewat.

Disinilah pisau belati kemudian berbicara. Pisau belati ini bisa kalain gunakan untuk membabat semua semak belukar yang menggangu jalanmu itu. Pisau belati bisa juga untuk keperluan lain, misalnya untuk mengupas makanan, atau menyembelih binatang. Multi fungsi sekali kan, kegunaan dari pisau belati ini.

 

8. Kompas

Tidak usah khawatir, arah mana yang sedang kamu tuju. Tersesat atau kehilangan arah bukan sebuah halangan, kalau kalian mengantongi kompas di sakumu.

manfaat mendaki gunung

Alat sejentil, berbentuk kecil ini akan memberikan navigasi yang akurat : dimana kamu berada, dan bagaimana seharusnya kamu harus melaju. Kompas akan menunjukan arah dengan akurat, mana arah utara dan mana arah selatan. Jadi bawalah selalu kompas ya. Agar saat kalian tersesat, kamu bisa menemukan jalan pulang.

 

9. Sepatu Pendakian

Jangan pernah coba – coba, mendaki gunung dengan sendal jepit. Sebab topologi tanah di pegunungan tergolong terjal. Batu – batu yang kamu pijak umumnya tajam. Menggunakan sandal saat mendaki bisa saja kakimu tergores. Jadi gunakan sepatu saja, supaya kegiatan pendakian bisa aman.

 

Jadi jika kamu berniat untuk mulai mendaki gunung. Penuhi peralatan mendaki gunung diatas. Bisa beli ataupun nyewa. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temanmu yang lain.

Razos

Inspirasi terbesar adalah mendaki gunung

Leave a Reply