Jalur Patah Hati…. Jalur Pendakian Gunung Sinabung
Jalur Patah Hati…. Jalur Pendakian Gunung Sinabung

Jalur Pendakian Gunung Sinabung – Bagian dari pesona alam Indonesia, salah satunya ialah pesona pegunungan. Kita pokuskan kearah Sumatera, tepatnya Sumatera Utara.

Ada beberapa gunung di pulau Sumatera yang kita kenal, yaitu gunung Sinabung dan Sibayak. Namun pada bahasan kali ini akan dibahasnya pendakian gunung Sinabung.

Gunung yang masih berstatus aktif di pulau Sumatera Utara ini salah satu gunung yang tertinggi di Sumatera utara yang memeliki ketinggian 2.460 Mdpl.

Baca Juga : Ikuti 10 Tips Mendaki Gunung Ini Agar Pendakianmu Sukses

 

Jalur Pendakian Gunung Sinabug

Untuk para pendaki jangan khawatir apabila ingin melakuakan pendakian gunung Sinabung, dikarenakan akses untuk menuju tempat ini sangat mudah dan banyak fasilitas kendaraan yang siap mengantarkan, mulai dari kendaraan kecil, sedang, dan lainnya. Dan juga ongkos yang dibutuhkan relatif murah.

 

Kota Medan ke Brastagi

Apabila kita dari pusat kota Medan maka tujuan kita menuju Brastagi dikenakan biaya Rp. 15.000 dan dilanjutkan menuju Kaban Jahe sekitar Rp. 15.000

Keberangkatan ke gunung Sinabung dari Brastagi yaitu menuju Danau Lau Kawar. Yang mana salah satu tempat yang berda pada kaki gunung sinabung. Menghabiskan waktu sekitar 80 menit apabila perjalanan normal.

 

Brastagi ke Danau Lau Kawar

Yang mana dari Brastagi menuju Danau Lau Kawar akan menggunakan angkutan taksima yang biasa ada dipasar, Dengan biaya ongkos sekitar Rp. 8000.

Tibanya di Danau Lau Kawar biasanya para pendaki dikenakan administrasi biaya Rp. 5000, setelah selesai pembayaran biasanya para pendaki ada yang langsung melakukan pendakian, dan adapula yang bermalam di tempat pembayaran retribusi dengan kondisi tempat yang luas untuk mendirikan tenda.

Bagi yang ingin bermalam dikawasan puncak gunung Sinabung, harap diperhatiakan kondisi gunung nya. Sebab gunung sinabung ini gunungg yang masih aktif. Bermalam disini sebetulnya tidak boleh. Karena saat berada di puncak gunung Sinabung selalu memberikan kejutan berupa asap yang membahayakan untuk para pendaki. Baik pendaki pemula taupun pendaki wanita.

 

Melapor ke Tim BASARNAS

Demi keamanan dan kenyamanan saat akan mendaki Sinabung, baiknya anda melapor kepada tim BASARNAS yang bertugas mendata pendaki yang akan mendaki ke puncak Sinabung. Untuk biaya administrasi pelaporan pendakian, anda diharuskan membayar sekitar Rp. 5.000,-/orangnya.

Dan jangan lupa untuk membawa turun kembali sampah yang anda bawa maupun yang anda temui di jalur. Bagi anda yang belum pernah mendaki gunung Sinabung sebelumnya umumnya akan menemui kesulitan dalam menemukan pintu rimba gunung Sinabung. Karena pintu rimba gunung Sinabung tidak memiliki tanda yang jelas.

 

Baca Juga : Santap 5 Makanan ini Agar Pendakianmu Tidak Mudah Lelah

 

Waktu Tempuh Pendakian Gunung Sinabung

Waktu yang dibutuhkan untuk mendaki gunung Sinabung lebih kurang 3 jam perjalanan dan akan melewati 3 pos peristirahatan. Dari ketiga pos yang ada, hanya di pos terakhir atau pos 3 -biasa juga disebut pandan karena terdapat banyak pandan di sini- yang memiliki sumber mata air.

Jalur pendakian gunung Sinabung relatif mudah dan tidak terjal, kecuali jalur dari pos 3 menuju puncak yang biasa disebut jalur “Patah Hati” relatif curam dan licin. Dan beginilah keindahan dari puncak gunung Sinabung.

Image Credit : https://volcano.si.edu

Razos

Inspirasi terbesar adalah mendaki gunung

Leave a Reply

Close Menu