Menggapai Sunrise…!!! di Gunung Prau Dan Wisata Dieng
Menggapai Sunrise…!!! di Gunung Prau Dan Wisata Dieng

Gunung Prau adalah gunung yang tidak mempunyai ketinggian disbanding gunung lainnya yang berada dipulau jawa. Namun pada saat ini gunung paru ini  menjadi tujuan paling favorit para pendaki. Khususnya kita dari provinsi banten yang dibagi dari peserta di wilayahnya kabupaten dan  kota lebak, pandeglang, dan cilegon.

Puncak gunung prau ini menjadi ikon sebagai gunung yang memberikan matahari terbit terbaik bagi para pendaki gunung. Gunung Prau terletak di dataran tinggi Dieng, gunung yang berada di provinsi Jawa Tengah, dan berada pada batas wilayah  kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.

Gunung Prau memiliki jalur pendakian yang paling pavorit  adalah lewat jalur Patak Banteng. Yang hanya menghabiskan waktu sekitar 3 – 4 jam. Sangat cocok buat para pendaki pemula dan pendaki wanita.  Gunung prau yang hanya memiliki ketinggian 2565 Mdpl, namun tidak kalah indah dengan gunung lainya yang berada di pulau jawa khususnya daerah jawa tengah.

 

Puncak Gunung Prau akan terlihat indah dan mempesona, dikarnakan pada puncak prau ini hamparan padang savana, sejauh mata kita memandang pada saat berada di puncak prau.Dan pada saat pendakian gunung prau harus tersedianya pasokan air yang cukup dikarnakan tidak adanya sumber air.

Nyaba prau dengan Pacetadventure, zosadventure, lapakcx dan gasrukadventure itulah nama yang kami angkat dari pendakian gunung prau ini. Pendakian gunung prau yang kami pilih ialah melalui jalur  via Patak Banteng sekaligus kami sebelum pendakian melakukan lintas wisata dieng .

Acara nyaba prau ini berjumlah 40 orang, kendaraan yang kami gunakan ialah 2 mini bus elf dan keberangkatan dari kabupaten lebak banten pada tanggal 26-28 Oktober 2018.

 

Keberangkatan dari kabupaten Lebak menuju wonosobo

Keberangkatan di mulai dari toko pacetadventure sebagai meeting point pada pukul 14.00 langsung menuju wonosobo. Dengan mengabiskan waktu sekitar 15 jam perjalanan. Itupun kami menuju wisata lintas dieng dulu. Mulai dari telaga warna dan candi arjuno yang letak nya tidak berjauhan.

Seusainya kita melakukan lintas wisata dieng maka langsung menuju bascampe pendakian gunung prau jalur patak banteng pada pukul 13.00.

Tibanya di bascampe kami semua melakukan persiapan, dari mulai belanja untuk persiapan di gunung, dan istrahat shalat makan. Di bascampe pendakian juga sudah terasa suhu dingin khas daerah pegunungan. Apalagi pas di puncak nya .hehehe kita langsung saja deh ke perjalanan pendakian …

 

 

Basecamp – Pos I

Dari sebagian panitia sudah mengurus simaksi pendakian dan para peserta sudah bersiap-siap untuk mendaki gunung prau, maka semua melangkah bersama menuju puncak prau pada pukul 15.00 dari basecamp, untuk menuju pos I kita akan disugukan oleh aktivitas warga sekitar baik dari perkebunan dan kegiatan lainya.

Sekitar 3 25 menit kita semua sampai di pos I. Pos I ni masih terlihat nampak nya daerah perkebunan warga dan yang lebih serunya lagi banyak jasa ojeg pendaki… untung kita tidak ada yang tergoda naik ojeg.heheh.

 

 

 

Pos I Menuju  Pos II

Sekitar 30 menit waktu yang kita leawati dari pos I menuju Pos II, dari perjalanan ini masih tampak dimata kita perkebunan warga. Mendaki sudah mulai mnghabiskan tenaga, karena jalur yang kita lewati melalui tangga alami dari akar pohon.

Sempat terjadi inseden juga dari kami ada yang terkena kram pada kaki nya, tapi alhamdulilah masih bisa melanjutkan perjalanan. Tibalah kami di Pos II yang mana didominasi oleh pohon pinus

 

Pos II Menuju Pos III

Disinalah kami mulai diuji pada jalur pendakian gunung prau yang sudah mulai menantang dan terjal apabila pada musim penghujan. Sekitar 60 menit yang kami lalui untuk menuju pos III.

Lumayan menghabiskan energy dan stok air .hehe. Pos III ini hanya sebuah hutan yang membuat pendaki bisa istirahat sejenak dan memiliki lahan kecil .

 

Pos III menuju Bukit Teletubis

Dari perjalan ini masih akan kita jumpai jalur terjal yang menghabiskan waktu sekitar 60 menit . namun dari perjalan ini kita akan menjumpai indahnya pesona alam gunung prau seribu bukit, bukit teletubis. Tibalah kami di perbukitan ini dan langsung mendirikan tenda . karna cuaca sudah mulai gelap.

Selesainya mendirikan tenda kami melakukan kegiatan saling bercengkaraman menanyakan kondisi masing-masing, tidak lupa juga kopi hangat dan masak masak yang membuat perjalan ini semakin akrab. Sekitar pukul 22.00 kami semua memutuskan untuk beristirahat.

Persiapan Menggapai surise di Gunung Prau…

Inilah kegiatan nyaba prau atau pendakian gunung parau yang diselenggarakan oleh Pacetadventure, zosadventure, lapakcx dan gasrukadventure. Sampai ketemu lagi di acara selnjutnyaa….. dahhhhhh…

Razos

Inspirasi terbesar adalah mendaki gunung

Leave a Reply

Close Menu