Menantang !!! Jalur Pendakian Gunung Leuser, Puncak Tertinggi di Aceh
Menantang !!! Jalur Pendakian Gunung Leuser, Puncak Tertinggi di Aceh

Jalur pendakian gunung leuser – Indonesia bagian dari salah satu negara yang memiliki pesona alam yang sangat melimpah, dari sabang sampai merauke bisa dikatakan semua kepulauan memiliki pesona alam yang berbeda-beda. Salah satunya ialah bagian dari pesona alam pegunungan.

Pegunungan indonesia yang berada pada kondisi hutan tropis dan memliki keunikan pada setiap gunungnya baik dari keindahan alamnya, maupun dari jalur pendakian gunungnya,  ternyata banyak ketertarikan para wisatawan lokal maupun asing.

Kita akan mengambil salah satu pesona alam gunung yang berada di wilayah ujung sumatra yaitu gunung leuser yang berada di provinsi aceh.

Gunung leuser ialah gunung yang memiliki ketinggian 3.404 mdpl, dan disebut juga gunung tertinggi di provinsi aceh. Dari letak geografis gunug leuser ini terbagi dalam lima kawasan kabupaten, mulai dari kabupaten aceh tamiang, aceh selatan, aceh singkil, aceh barat, dan kabupaten gayo.

Bagi para pendaki.. gunung leuser memang bukan menjadi pilihan paforit untuk kegiatan pendakian. Dikarnakan dari mulai jalur pendakian yang sangat panjang dan menghabiskan waktu yang cukup lama.

Pandakian gunung leuser biasanya dilakukan bagi para pendaki yang melakukan kegiatan ekspedisi atupun penelitian. padahal kalo kita sudah memasuki wilayah  gunung leuser ini tidak kalah indah dengan gunung yang lain, mulai dari flora dan faunanya yang sangat jarang kita temui.

Menuju puncak gunung leuser harus sangat paham bagian mana puncak utamanya, karena gunung leuser sendiri memiliki tiga puncak, mulai dari puncak tertinggi 3.404 mdpl, puncak leuser , dan puncak tanpa nama.

Jalur Pendakian Gunung Leuser

Baiklah teman-teman, sekrang kita akan masuk kepembahasan kepada jalur pendakian gunung leuser.

Desa Kedah  Menuju Sinnebuk Green , Sekitar 1 Jam

awal dari memulai perjalan pendakian leuser kita akan memulai dari desa kedah yang akan di temani oleh para warga setempat, disini kita akan disugukan dengan pemandangan dari perkebunan warna setempat dengan jalur setapak, kemudian akan menemui sungai yang akan kita lewati untuk menuju hutan.

Perjalanan kita sudah lewati sekitar 1 jam, dan sampai pada kawasan Sinenebuk Green, yang mana pada kawasaan tersebut kita akan menemui beberapa bangunan, yang bisa dimanfaatkan untuk sejenak beristirahat.

 

Sinnebuk Green  Menuju  Tobacco Hut  Sekitar  4 Jam

Jalur pendakian gunung leuser selanjutnya yaitu Tobacco Hut merupakan pos yang sudah memasuki jalur yang menanjak, menguras energi dan mental, kemudian pada jalur ini akan menemui juga aliran sungai yang harus kita ikuti lewat pinngir.

Pada jalur Tobacco Hut terkenal juga dengan tanjakan sadis dan tanjakan pantat. Selain kedua tanjakan tersebut, akan disugukan perkebunan tembakau yang luas.

 

Tobacco  Hut  Menuju  Simpang Angkasan  Sekitar  5 Jam

Simpang  Angkasan sudah merupakan jalur  ke pintu hutan, perbatasan vegetasi hutan. Pada jalur ini medan yang akan dihadapi tebing untuk dapat melanjutkan kembali perjalanan.

 

Simpang Angkasan Menuju Camp I Sekitar 1 jam

Camp I trek yang menanjak, dan kondisi hutan lebat yang dpenuhi lumut pada stiap pohon yang ada, membuat perjalanan menanjak agak terobati dari setiap pemandanagan pohon hutan kawasan hutan tropis pada umumnya.

Jalan menanjak dan terjal makin kita temui menuju camp I mesipun jarak perjalan hanya memakan waktu 1 jam. Pada pos ini biasanya para pendaki akan mendirikan tenda, karena di tempat ini memiliki sumber air dan lahan terbuka untuk mendirikan tenda.

 

Camp 1 Menuju Puncak Angkasan Siktar 4 jam

Sesudah melawati camp I,  akan terasa rapat nya vegetasi dengan suasana udara yang begitu lembab, pada perjalalanan menuju angkasan maka kita akan kembali disugukan pada trek yang begitu menanatang, mulai dari jalur yang berupa jurang, dan berupa kar pepohonan menjadi penghalang pada trek pendakian yang dilewati.

Puncak angkasan yang akan kitu tuju yang memekan waktu sekitar 4 jam, ini merupakan bagian salah satu puncak yang harus kita lewati, untuk mencapai puncak leuser, puncak angkasan sendiri memiliki lahan yang cukup luas untuk kita mendirikan tenda, sekaligus menikmati keindahan puncak leuser yang menjadi impian pada pendakian leuser.

 

Puncak Angkasan Menuju Kayu Manis I sekitar 2 jam

Lepas nya kita pada puncak angkasan, melanjutkan kembali perjalanan yang masih panjang, dengan suguhan alam yang masih terjaga, pesona hutan rapat berisikan pepohonan besar berlilitkan lumut. Perjalanan memkan waktu sekitar 1 jam untuk memcapai kayu manis I.

 

Kayu Manis I Menuju Kayu Manis II Sekitar 2 jam

Sekitar 2 jam menuju kayu manis II. Mendaki gunung lewati lembah “ lagunya kartun jaman dulu hehehe, ini lah yang akan kita lewati untuk menuju kayu manis II, dalam perjalanan ini perbukitan yang dikelilingi oleh ilalang yang sangat rpat, maka membuat dari perjalan ini agak sulit untuk melihat trek.

 

Kayu Manis II  Menuju Kayu Manis III Sekitar 1 jam

Kembali kita akan melanjutkan perjalan menuju kayu manis III dengan memakan waktu 1 jam perjalanan, namun disini jangan panik, perjalanan akan menurun akn tetapi kembali tanjakan akan menjadi rintangan pada perjalanan pendakian ini, pada pada tempat kayu manis III ini rasanya kita harus menfirikan tenda sekaligus pemanpatan luas lokasi yang akan dijadikan tempat beristirahat .

 

Kayu Manis III Menuju Lintasan Badak Sekitar 2 jam

Dari kayu manis III siktar 2 jam menuju lintasan badak perjalanan yang akan kita temui ialah jalur menurun yang curam dan licin, tidak lepas juga yang akan menjadi penghalang pada jalur ialah pohon besar yang akar nya menjadi penghambat, maka pada jalur ini kehati-hatian harus tetap terjaga.

 

Lintasan Badak Menuju Papanji Sekitar 3 jam

Semakin jauh perjalan kita pada pendakian gunung leuser, maka kita akan menuju papanji, dimana pada trak yang akan dilalui makin terjal dan masih tetap dalaoam kondisi hutan yang rapat.

Papanji juga dikenal sebagai hutan yang masih di kwatirkan oleh masyrakat setempat, yang mana masih adanya keberadaan harimau.

3 jam lamanya kita kan tiba di papanji dan akan disugukan adanya sumber air, perlu diperhatikan juga pada saat mengambil air agar ditemani oleh teman dan tidak memberikan sikap yang sangat menggagu, agar tidak mengundang hewan yang di kwatirkan (harimau Sumatra).

 

Papanji  Menuju Blangbeke

Hamparan padang rumput akan kita temui setelah melakukan perjalanan dari papanji menuju blangbeke, namun sebelum itu kita tetap akan melewati hutan yang masih rapat dan bebrapa punggungan.

Padang savanna yang akan kita temui ini memiliki hamparan yang sangat luas, dan bisa dijadikan salahsatu pilihan untuk kita bermalam.

Pada pos ini juga lebih nyamannya bayak beberapa sumber air, pada sebuah sumur yang sengaja dibuat.

 

Blangbeke Menuju Camp Alas

Untuk menuju camp alas harus melewati aliran sungai, yang jelas memiliki suhu yang sangat dingin.

Pada perjalan ini kita perlu memperhatikan pada setiap perjalanan, dikarnakan kondisi sungai yang licin. Namun pada saat kita sampai pada camp alas, kita akan disugugan kembali oleh sumber air yang sangat melimpah pada aliran sungai ini. Dan cocok juga untuk dijadikan tempat bermalam.

 

Camp Alas Menuju Kuta Panjang

Masih dalam kondisi padang rumput yang akan kita lalui, pada pos kuta panjang ini kita akan berada pada satu bukit yang bisa memendang terbuka untuk melihat pemandangan

 

Kuta Panjang  Menuju Kolam Badak

Kolam badak bisa dikatakan tempat dimana badak berada, tapi disini kita belum tentu bertemu pada badaknya, namun pada perjalan ini akan naik turun perbukitan dan masuk kembali kedalam hutan.

 

Kolam Badak Menuju Bivak I

Kembali akan kita melintasi padang rumput yang sangat luas untuk menuju bivak I, di pos ini kita akan tettap melintasi jalur yang tidak beda jauh dari yang lainnya,

Bivak I ini memniliki area yang luas untuk para pendaki bermalam kembali. Perlu diketahui juga para pendaki akan tiba di pos bivak I ni pada hari ke 6 atau ke 7.

 

Bivak l Menuju Camp Putri

Trak pada perjalanan menuju camp putri tidak akan terlalu seperti yang sudah kita lalui, diperjalan ini akan mendapatkan sedikit bonus, namun tetap menanjak.

Pada perjalanan yang akan kita lalaui ini akan disugukan hal yang berbeda yaitu berupa jurang curaram pada posisi kanan kiri kita. Setelah itu kita melihat pemandangan megahnya gunung leuser yang sudah nampak.

 

Camp Putri Menuju Bivak Kaleng

Menuju kaleng bivak jalur perjalanan kali ini menurun, dibaca dari namanya bivak yakni pada zaman penjajahan para tentara banyak yang menyimpan peralatan dan makanan nya disini.

 

Bivak Kaleng Menuju Bivak Batu

Kembali kita melanjutkan perjalanan dengan trak yang menanjak, namun hampir rasa lelah kita dalam perjalanan yang menanjak akan terobati oleh nampaknya puncak leuser yang masih terhalang sedikit oleh perbukitan,

 

Bivak Batu Menuju Simpang Tanpa Nama

Bertemunya kembali aliran sungai pada perjalanan menuju simpang tanpa nama, simpangan ini terbagi pada 2 aliran sungai , yang mana simpngan ke seblah kiri menuju puncak tanpa nama dank e kanan akan ke puncak leuser dan loser.

 

Simpang Tanpa Nama Menuju Puncak Loser

Padang luas tanah kering akan kita temui pada perjalan menuju puncak loser, padang ini bisa juga dikatakan koleksi batu vulkanik, mulai dari batu yang terkcil samapai yang besar.

 

Puncak Loser Menuju Puncak Leuser

Inilah akhir dari jalur pendakian gunung leuser. Awas ya jangan sampai keliru puncak loser dan puncak leuser, pada saat akan menuju puncak leuser bebatuan dan jalur yang ekstrim akan membuat perjalana sulit dilalui. Kemiringan akan kita rasakan juga pada saat menuju puncak leuser.

Adanya selimut tebal kabut yang menghampiri pada setiap langkah, yang kadang menghalangi setiap kita memandang untuk melihat trak.

semua perjalan yang kita sudah lalui dari pos awal smapi akhir puncak leuser , semua akan terbayar sangat mengagumkan keindahan dari ats sana.

Puncak leuser bagian ddari perjalan pendakian yang jarang orang lain kunjungi, dikarnakan jarak pada perjalan pendakian gunung leuser ini membutuhkan waktu yang sangat panjang dan lama.

Dari puncak leuser yang sudah dijelaskan di atas, ada salah stu puncak yang tertinggi yaitu puncak tanpa nama, yang mana perjalan nya pada saat persimpangan tanpa nama.

Demikianlah informasi jalur pendakian gunung leuser semoga ini menjadikan bagian dari refensi teman-teman, baik dari kalangan pencinta alam, komunitas pendaki gunung, pendaki wanita ataupun pendaki pemula, semoga bermanfaat.

Razos

Inspirasi terbesar adalah mendaki gunung

Leave a Reply

Close Menu