7 Manfaat Mendaki Gunung yang Menakjubkan
7 Manfaat Mendaki Gunung yang Menakjubkan

Manfaat mendaki gunung – Sebentar lagi musim liburan tiba, paling enak kok mendaki gunung ya. Apalagi aktivitas pendakian gunung, kita tahu selama ini memiliki beberapa manfaat. Kalian sih sudah tahu betul ya ? Kalau mendaki gunung itu menyehatkan, hal ini lantaran proses pendakian gunung butuh tenaga ekstra.

7 Manfaat Mendaki Gunung

Pendakian gunung akan membuat keringat bercuran deras. Sebab medan pendakian menanjak dan menguras tenaga. Tapi tahukah kalian, Gaes ? Kalau mendaki gunung itu mempunyai manfaat yang lain, tidak hanya sekedar menyehatkan tubuh saja ? Berikut kami uraikan 7 manfaat mendaki gunung.

1. Melatih Kecakapan Dalam Membaca Navigasi

manfaat mendaki gunung

Kalian bakalan mendapatkan kecakapan membaca navigasi yang handal, jika rutin melakukan pendakian gunung. Tahu kan ya ? Di lereng gunung tidak terdapat petunjuk memadai. Baik mana arah menuju barat, arah menuju timur, arah menuju selatan, sampai dibuat bingung sendiri, kalian mau tak mau harus mencari tau sendiri arah mana kalian sedang berjalan.

Maka dibutuhkanlah kompas. Alat kecil multifungsi ini sangat berperan sekali, bagi kesuksesan pendakian di gunung – gunung dengan track sulit. Dengan mendaki gunung kalian dituntut untuk mahir dalam membaca kompas. Semakin mahir kalian dalam membaca kompas, maka kalian akan semakin mahir pula dalam mengenali berbagai sistem navigasi.

 

2. Kemampuan Bertahan di Alam Terbuka Akan Semakin Baik

manfaat mendaki gunung

Kemampuan bertahan kalian, di lingkungan terbuka akan semakin baik, jika kalian rutin mendaki gunung. Sebab saat mendaki gunung kalian dituntut untuk bisa mendapatkan berbagai makanan alami, yang tumbuh liar di hutan.

Makanan – makanan itu dalam bentuk buah. Ada pula makanan yang dalam bentuk daging, misalnya rusa. Supaya bisa mengenali berbagai sumber pangan di hutan dengan baik. Kalian perlu sekali mempelajari buku panduan botani.

Harus banyak membaca buku yang seperti itu sebab di daerah hutan kerap kali terdapat beberapa tumbuhan beracun. Sekilas buahnya tampak lezat jika dimakan. Tapi bisa saja buah yang secara tampilan tersebut menarik ternyata mengandung racun.

Baca juga : 6 Cara bertahan hidup di gunung 

 

3. Semakin Paham Dengan Home Building

manfaat mendaki gunung

Pada saat kalian aktif dalam kegiatan pendakian. Otomatis kalian harus mendirikan tenda sebagai sistem perlindungan diri dari kemungkinan – kemungkinan serangan binatang buas. Di Gunung Slamet misalnya, mendaki di gunung tertinggi di Jawa Tengah ini berpotensi dapat bertemu dengan Macan Tutul jawa.

Bertemunya Macan Tutul jawa dan manusia tentu saja sangat membahayakan. Besar kemungkinan manusia tersebut kemudian dimangsa oleh Macan Tutul Jawa. Oleh karenanya, kemampuan membangun pemukiman sangat diperlukan betul, dalam kegiatan pendakian.

Membangun tenda perkemahan yang aman dari serangan binatang buas bisa dilakukan dengan cara melakukan tipologi jelajah binatang buas tersebut. Ada karakteristik – karakteristik tertentu, suatu daerah dihuni oleh binatang buas atau tidak.

Pilihlah kira – kira lokasi perkemahan dengan vegetasi yang tidak terlalu lebat. Biasannya, daerah dengan vegetasi yang tak lebat semacam itu menjadi daerah yang rawan terhadap kemungkinan bertemunya dengan binatang buas.

Sementara untuk pembangunan tendanya. Tenda yang aman tentu saja menggunakan tenda dome yang berstandar internasional. Tenda dome harus benar – benar rapat. Tidak bocor saat hujan, juga tidak tembus panas ketika siang hari.

Orang yang sering mendaki gunung. Outomatis akan mendapatkan manfaat berupa kemampuan dalam home building yang bagus. Para pendaki akan tau, gimana cara mebuat suatu pemukiman sementara yang tidak hanya saja nyaman, tetapi juga aman.

 

4. Menambah Rasa Syukur Kepada Sang Pencipta

manfaat mendaki gunung

Banyak orang yang selepas mendaki, mentadaburi alam pegunungan yang indah, ketakwaan mereka terhadap Tuhannya semakin bertambah. Para pendaki umumnya akan sadar betul, bahwa kuasa Tuhan dalam menciptakan alam pegunungan begitu sangat Agung.

Dalam sejarah pergumulan manusia. Proses pendakian masa kuno, tidak hanya sekedar rekreasi seperti pada abad ke 20. Dulu, nenek moyang kita, mereka melakukan pendakian ke gunung tak lain untuk melakukan ibadah.

Makannya gak heran, banyak sekali kita temukan candi – candi besar dan kecil berada di lereng peggunungan. Adanya tempat – tempat ibadah tersebut menandakan, bahwa mendaki gunung tidak hanya memberi kebahagian dari segi rekreasi saja.

Tapi ada juga kebahagian spiritual yang didapat dari aktivitas pendakian ke gunung. Kebahagian spiritual yang muncul itu tentu saja akan mempertebal ketakwaan kita terhadap sang Pencipta.

 

5. Memperkaya Pemahaman Atas Fauna dan Satwa

manfaat mendaki gunung

Sudah lama, aktivitas pendakian ke gunung dimanfaatkan sebagai sarana edukasi, untuk mengenal fauna dan satwa lebih banyak lagi ? Lho.. lho.. lho.. Kok bisa sih ? Tentu saja bisa, sebab akan banyak kita temukan aneka satwa dan fauna itu berada di pegunungan.

Pegunungan menjadi bagian markas bagi para hewan, juga tumbuhan. Makannya gak heran, banyak sekali orang – orang yang bergerak dalam bidang penelitian botanis, kerap kali mendaki gunung untuk tujuan pengamatan terhadap aneka satwa dana fauna yang ada di pegunungan.

Jadi, bagi kamu yang berencana ingin mengenal aneka satwa lebih banyak lagi. Cobalah kamu rajin mendaki gunung. Pasti ada banyak pengetehuan baru yang bakalan kalian dapatkan, berkaitan dengan satwa dan fauna.

 

Baca Juga : Fungsi dan Kegunaan Alat Mendaki Gunung

 

6. Dapat Kenalan Dari Berbagai Tempat

manfaat mendaki gunung

Orang yang mendaki gunung, biasanya sangat beragam. Tidak hanya orang – orang terdekat dari keberadaan lokasi gunung tersebut saja yang mendaki, tapi ada juga dari kota – kota lain,yang jauh jaraknya dari gunung yang sedang didaki. Misalnya saja Gunung Bromo, gunung ini terkenal mempunyai banyak pendaki, dari Sabang Sampai Merauke.

Bahkan tidak hanya dari Indonesia saja. Orang – orang luar negeri seperti Australia, Belanda, Jerman, Malaysia, Singapur, dan beberapa negara – negara lain, tercatan wisatawannya banyak yang mendaki Gunung Bromo.

Tentu saja ini sangat menarik bukan ? Jika kalian ikut mendaki gunung bersama rombongan – rombongan itu ? Kamu bakalan mendapatkan banyak teman baru.

Sebab salah satu aturan main unik dalam kegiatan pendakian yaitu adanya jiwa korsa. Jiwa korsa ini bisa diartikan sebagai jiwa kebersamaan. Para pendaki biasannya tidak sendiri dalam melakukan pendakian, tapi mereka dibagi dalam beberapa regu dan grup.

Tiap satu regu terdiri dari 5 sampai sepuluh orang. Tiap satu regunya ada komposisi cewe dan cowo. Bukannya pembagian regu pendakian seperti ini sangat menguntungkan sekali buat kalian bro ? Siapa tahu, rekan pendakian wanitamu itu bisa diajak nikah ? Wahh, cinlok di puncak gunung tuh namanya.

 

7. Memperpanjang Umur

manfaat mendaki gunung

Konon, aktivitas mendaki gunung bisa memperpanjang umur lho ? Kalau dipikir – pikir memang ada betulnya juga ? Coba bayangkan, seberapa banyak sih kalori dan lemak yang terbakar habis, sebab mendaki itu butuh tenaga banyak ? Tentu saja ada banyak sekali ya kalori dan lemak yang terbakar.

Kebetulan, lemak dalam tubuh kita memang harus selalu dibakar. Hal ini untuk menghindari terkena penyakit obesitas. Makannya itu, orang yang sering mendaki gunung umurnya cenderung panjang – panjang. Aktivitas olahraga super menyenangkan ini, memang efektif dalam membakar lemak sih.

Itulah manfaat mendaki gunung. Semoga artikel ini menginspirasi dan menjadikanmu makin semangat mendaki gunung.

Razos

Inspirasi terbesar adalah mendaki gunung

Leave a Reply

Close Menu