Santap 5 Makanan ini Agar Pendakianmu Tidak Mudah Lelah
Santap 5 Makanan ini Agar Pendakianmu Tidak Mudah Lelah

Hai … Para pecinta keindahan semesta yang tak pernah kenal lelah untuk menikmati segala keindahan alam.

“Gunung kan ku daki, sungai kan ku sebrangi” begitulah pribahasa yg diibaratkan.

Nah, pas banget nih untuk kamu-kamu yang suka atau hobi banget liburan out door untuk menikmati atau hanya sekedar melihat kehijauan dan kelestarian negeri kita (INDONESIA), entah itu dengan melakukan kegiatan mendaki gunung ataupun melakukan hal lainnya.

Tapi perlu kita  ingat nih, untuk kamu-kamu yang hobinya mendaki gunung. Ada hal penting yang harus kita perhatikan dan persiapkan sebelum melakukan pendakian, diantaranya yaitu : membawa bekal makanan (logistik) untuk penambahan tenaga disaat tubuh melakukan pendakian.

Kebanyakan dari pengalaman yang sudah-sudah, banyak para pendaki yang hanya membawa perbekalan makanan yang praktis dan cepat saji saja demi terhindar dari kerepotan dalam menyajikan nya, seperti mie instan atau produk kaleng lainnya.

Baca Juga : 5 Filosofi Mendaki Gunung yang Akan Mengubah Tujuan Mendakimu

Perlu kita ketahui guys, makanan-makanan tersebut itu tidak cukup untuk mengembalikan tenaga kita yang terkuras disaat mendaki gunung, karena dengan memakan makanan instan seperti mie instan atau makanan kaleng tubuh akan cepat merasa lelah dan lapar kembali.

Mau tau makanan apa saja yang membuat tubuh tidak mudah lelah??

Zos adventure merekomendasikan 5 makanan bergizi dan sehat untuk membuat kegiatan mendaki kamu lebih menyenangkan

1. Coklat

Ketika melakukan pendakian, pastinya tubuh sangat membutuhkan cadangan tenaga yang kuat. Coklat ini dapat dijadikan cemilan yang dapat mengembalikan tenaga dengan cepat karena didalamnya mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

Baca Juga : Menggapai Sunrise di Gunung Prau dan Wisata Dieng

 

2. Gula Jawa

makanan yang tidak membuat lelah

Sama seperti cokelat, gula Jawa juga banyak mengandung karbohidrat, sehingga dapat juga dijadikan cemilan disaat tubuh merasa lemas atau kelelahan.

Selain itu, gula Jawa bersifat menguatkan limpa, memperlancar peredaran darah, dan meredakan nyeri.

 

3. Madu

makanan yang tidak membuat lelah

Madu adalah salah satu makanan atau cemilan yang kerap kali dibawa oleh kebanyakan orang disaat pendakian.

Dalam satu sendok madu terdapat 64 kalori yang cukup untuk mengembalikan seluruh tenaga yg terkuras habis di dalam tubuh di saat pendakian.

Tidak hanya untuk mengembalikan energi, madu juga dapat dijadikan obat untuk luka. Karena dengan menggunakan nya proses penyembuhan pada luka akan sangat cepat.

 

4. Jahe

makanan yang tidak membuat lelah

Tidak hanya makanan atau cemilan saja , minuman juga hal yang penting untuk diperhatikan. Akan lebih baik jika jahe dijadikan minuman untuk penghangat perut ditengah dinginnya udara pegunungan, jahe juga dapat di campur dengan susu atau bahan lainnya sesuai dengan selera masing-masing, dibandingkan dengan meminum kopi atau teh yang malah akan membuat perut kita menjadi kembung.

 

5. Kentang

makanan yang tidak membuat lelah

Setara dengan nasi, kentang juga sama halnya memiliki karbohidrat yang tinggi. Jadi, kentang dapat dijadikan sebagai pengganti nasi.

Karena dalam satu buah kentang yang berukuran sedang mengandung 37 gram karbohidrat untuk memulihkan tenaga yang sudah habis.

Baca Juga : 7 Film Pendakian Gunung yang Inspiratif

Selain setara dengan nasi karbohidrat nya, kentang juga salah satu bahan makanan yang sangat mudah diolah tanpa perlu membutuhkan banyak peralatan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Close Menu