Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan
Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan

Gunung Ciremai via Palutungan – Jawa barat merupakan bagian dari salah satu yang memliki potensi pegunungan yang sangat banyak. Salah satu nya ialah gunung ciremai dengan sebutan gunung tertingggi jawa barat dengan ketinggian 3078 mdpl.

Gunung ciremai terletak pada tiga kawasan kabupaten cirebon, majalengka, dan kuningan. Dari ketiga kabupaten tersebut masing-masing nya memliki jalur pendakian.

Mendaki Gunung Ciremai via Palutungan

Jalur pendakian gunung ciremai pada umumnya ialah jalur palutungan, jalur linggarjati, dan jalur apuy. Berbagi cerita dari pengalaman pendakian gunung ciremai yang zosadventure lakukan.

 

Transportasi dan Biaya

Kita memulai pendakian ini diberangkatkan dari kabupaten lebak rangkasbitung banten, dilanjutkan menuju kota serang banten dengan menggunakan trasportasi kereta api. Dengan biaya tiket Rp. 5000.-

Dilanjut kembali menuju terminal bus pakupatan kota serang menggunakan angkot Rp. 2000.- tiba nya kami di terminal bus, istirahat sejenak sambil ngopi santai sekaligus menunggu keberangkatan bus menuju kota cirebon, dengan biaya Rp. 50.000.-.

Pukul 22.00 wib kita sudah berada dibus menuju kota cirebon, dengan jarak tempuh sekitar 8 jam perjalanan.

Tiba nya kami di terminal bus kota cirebon pada pukul 06.00 wib. Sejenak kita istrahat sambil menikmati kuliner yang terkenal dari kota cirebon ialah bubur ayam cirebon.

Setelah menikmati sarapan kami kambali mengacu pada manajemen perjalanan pendakian. Tiba nya di kota cirebon kami langsung mencari angkutan elf untuk menuju langsung ke pintu masuk pendakian ciremai melalui jalur palutungan. Yang mana biaya yang dikeluarkan Rp. 20.000.-. tiba nya di pos pendakian pada pukul 08.00 wib jalur palutungan kita langsung mengurus simaksi pendakian. Sebagai penikmat alam atau hobi dalam pendakian gunung hutan simaksi ini sangat penting dan jangan sampai kita melewatinya.

 

Memulai Pendakian Gunung Ciremai Via Palutungan

Pendakian dimulai dari bascamp menuju :

Pos 1 cigowong sekitar 2,5 jam

Dari perjalan bascamp menuju cigowong kita akan melewati pemukiman penduduk dengan medan jalan aspal kemudian kita masuk wilayah perkebunan warga. Yang akan disugukan pemandangan asri dari hasil pertanian masyrakat daerah tersebut.

Tibanya kami di pos cigowong memberikan rasa senang. Karena pos ini memliki sumber air yang sangat melimpah dan areal lahan yang sangat luas di kelilingi pohon rindang.

 

Pos 1 – Pos 2 Kuta sekitar 35 menit

Perbekalan air sudah terisi dan istirahat sudah cukup kami melanjutkan kembali untuk menuju pos ke 2 kuta yang jalur nya sudah mulai menanjak dan melelahkan.

 

Pos 2 – Pos 3 Pangguyangan Badak sekitar 50 menit

Menuju pos pangguyangan badak memang bisa dikatakan landai, tapi trek lumayan gelap terhalang oleh rimbun nya pohon. Jalur ini juga bisa dikatakan jalur memutar.

 

Pos 3 – Pos 4 Arban sekitar 1,5 jam

Pos arban sudah bisa dikatan jalur yang harus dilewatinya sangat melelahkan karena dari setiap perjalanan menajak semua. Dan waktu yang ditempuh juga lumyan lama, maklum kita kan pendaki pemula. Hehehe

 

Pos 4 – Pos 5 Tanjakkan Asoy sekitar 40 menit

Tanjakan asoy.. awas ya jangan sampai tertipu dari nama jalurnya. Asoy disini ya tanjakan yang harus dibawa enjoy aja. Meskipun kondisi sebenarnya sangat melelahkan selalu trek menanjak tidak di kasih bonus sedikitpun.

 

Pos 5 – Pos 6 Pasanggrahan sekitar 1 jam

Masih dalam kondisi menanjak pada setiap perjalan pendakian ciremai pos demi pos nya. Begitu juga pada pos 6 ini. Tanjakan sangat berat dan menantang kesabaran kita.

 

Pos 6 – Pos 7 Sanghyang Ropoh sekitar 1,5 jam

Hampir sampai kita pada pendakian puncak ciremai. Pos 7 ini bisa dikatakan bagian dari vegetasi nya gunung ciremai. Dan disini kita akan sudah bisa melihat keterbukaan luasnya langit dan pegunungan yang kita akan lewati. Begitu juga kita akan disudukan bunga abadi edelweis.

 

Pos 7 – Pos 8 Goa Walet Sekitar 1 jam

Terus menanjak jalur menuju puncak ciremai, menuju goa walet sudah mulai jalur bebatuan besar berikut cadas-cadas yang bisa dikatan berbahaya. Apalagi kalo kondisinya musim penghujan.

Dan disinilah kita akan kembali menemukan sumber air, itu juga kalo lagi beruntung, hehehe . Sekaligus tempat kita bemalam (ngecamp).

 

Pos 8 – Puncak Ciremai sekitar 30 menit

jarak sudah dekat menuju puncak ciremai bukan berati kita sudah sampai. Kadang disini klah pendakian akan banyak diuji, mulai dari kondisi tubuh dan lain sebaginya.

Setibanya di puncak gunung ciremai kita akan disugukan pemandangan yang sangat luar biasa, mulai dari kemegahan gunung, kawah ciremai, dan luasnya perkotaan yang akan kita pandang selama ada di puncak gunung ciremai.


Itulah pengalaman perjalan kita zosadventure pendakian gunung ciremai melalui jalur palutungan.

Dengan jarak tempuh pendakian dari pos 1 menuju puncak sekitar  10 jam. Dari total pejalan ini kita bisa dikatakan lambat. Ya biginilah pendaki pemula hehe.

Dan mudah-mudahan ini bisa jadi refensi temen-temen pendaki juga.baik pendaki pemula, pendaki wanita, pendaki lawas, dan pendaki lainnya.

Razos

Inspirasi terbesar adalah mendaki gunung

Leave a Reply

Close Menu